Kadispenau Ungkap Uji Coba Bandara VVIP IKN Sudah Dilaksanakan

2 hours ago 3
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Kadispenau Marsma TNI Ardi Syahri mengatakan uji coba landasan Bandar Udara (Bandara) VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah dilakukan. Ardi mengatakan uji coba dilakukan dengan pesawat kecil dan kemudian dilanjutkan dengan pesawat Hercules.

"Sudah dilaksanakan, kita laksanakan dengan pesawat kecil terlebih dahulu, pesawat CASA, kemudian pesawat CN295, dilanjutkan dengan Pesawat Hercules yang terbesar," kata Kadispenau, Marsma TNI Ardi Syahri di sela acara pameran alutsista perayaan HUT ke-79 TNI di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (21/9/2024).

Ardi mengatakan uji coba dengan berbagai jenis pesawat dilakukan untuk memastikan landasan udara itu aman. Hal itu dilakukan untuk mendukung kegiatan pemerintah di IKN.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sehingga kita pastikan landasan tersebut safe ataupun aman untuk di-landing-in pesawat dalam rangka mendukung pemerintahan terbaru Republik Indonesia di sana," ujarnya.

Kadispenau Marsma TNI Ardi Syahri saat ditemui di Monumen Nasional (Mulia/detikcom)Foto: Kadispenau Marsma TNI Ardi Syahri saat ditemui di Monumen Nasional (Mulia/detikcom)

Dia mengatakan pihaknya masih menunggu hasil uji coba bandara VVIP tersebut. Dia menuturkan belum ada rencana uji coba lagi di bandara tersebut.

"Sementara belum, ya. Kemarin sudah dilaksanakan pengujian, kita tunggu hasilnya. Kalau oke, nanti berarti sudah tidak ada pengujian lagi. Kalau misalnya dipandang belum oke, nanti kita laksanakan pengujian kembali. Ini sementara masih menunggu hasilnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Ardi mengatakan belum ada rencana penambahan landasan udara baru menjelang berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

"Setahu saya hanya IKN. Baru satu landasan, yang lain belum," ujarnya.

(mib/taa)

Read Entire Article