Kapolri Siap Tangani Dugaan Penyelewengan Dana PON Aceh-Sumut

1 week ago 8
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo siap menangani kasus dugaan penyelewengan dana dalam penyelenggaraan PON XXI di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut). Polri akan melakukan penyidikan bila terbukti ada penyelewengan.

"Saya kira Polri tentunya akan menunggu, kalau memang ada fakta dan bukti bahwa terjadi penyelewengan dana PON kami akan mempersiapkan penyidik-penyidik kami untuk melaksanakan penyelidikan dan penyidikan," ujar Sigit di IKN, Kamis (12/9/2024).

Tak hanya Polri, Sigit yakin hal yang sama juga akan dilakukan aparat penegak hukum untuk mengusut dugaan penyelewengan dana bila ada buktinya. Polri, tegas Sigit, siap menangani dugaan kasus ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Namun prinsipnya polri siap untuk menangani," jelas Sigit.

Sigit mengatakan Polri akan berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

"Ya, kita akan segera berkoordinasi dengan Menpora untuk mendalami," sambungnya.

Sebelumnya, Dito mengatakan pihaknya menerima laporan tentang adanya dugaan penyelewengan dana terkait PON. Dalam hal itu, Kemenpora meminta Kejagung dan Bareskrim Polri melakukan investigasi mengenai dugaan itu.

Dito juga menjelaskan mengenai satuan satgas pengawalan penyelenggaraan PON di Sumut. Hal itu, kata dia, tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2024 Tentang Satuan Tugas Pengawalan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XXI Tahun 2024 di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara Dan Pekan Paralimpiade Nasional XVII Tahun 2024 di Provinsi Jawa Tengah. Dito turut membagikan salinan Keppres tersebut.

"Saya apresiasi satgas tata kelola PON dalam Keppres Nomor 24 tahun 2024 yang dipimpin Pak Wakil Jaksa Agung yang sudah respons cepat atas keluhan laporan yang terjadi saat ini," kata Dito kepada wartawan, Kamis (12/9/2024).

(isa/dhn)

Read Entire Article