Waspada! 5 Asupan Makanan Tinggi Purin yang Naikkan Kadar Asam Urat

2 hours ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Gejala seperti radang sendi ditimbulkan oleh kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Jika mengalami kondisi ini sebaiknya hindari asupan tinggi purin berikut.

Kian bertambahnya usia maka tubuh manusia juga perlu penyesuaian yang lebih lanjut. Ada beberapa asupan makanan dan minuman yang harus dimulai diperhatikan konsumsinya.

Pasalnya tubuh orang dewasa akan lebih jauh sensitif dengan nutrisi atau mineral yang tak terlalu dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya purin. Asupan putin ke dalam tubuh justru akan memicu naiknya kadar asam urat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketika kadar asam urat meningkat, biasanya akan terjadi beberapa gejala pada orang dewasa. Seperti radang sendi hingga demam. Maka sudah waktunya untuk mulai menghindari asupan yang mengandung purin.

Baca juga: Ini Kedai Rawon Murah Meriah yang Laris Manis di Singapura

Berikut ini 5 asupan mengandung purin yang harus diwaspadai melansir WebMD:

Waspada! 5 Asupan Makanan Tinggi Purin yang Naikkan Kadar Asam UratJeroan yang dianggap enak ternyata memiliki kadar purin yang tinggi. Foto: Getty Images/Stopboxstudio

1. Jeroan

Di Indonesia, jeroan atau organ dalam dari sapi adalah bagian daging yang wajar untuk dikonsumsi. Jeroan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan enak, mulai dari tunjang hingga campuran nasi goreng.

Faktanya jeroan tidak tergolong ke dalam makanan sehat yang cocok dikonsumsi sering-sering. Walaupun banyak kandungan nutrisi di dalamnya tetapi ada kandungan purin yang tinggi dalam jeroan.

Pada jeroan sapi seperti lidah, paruh, ginjal, dan hati kandungan purin per 100 gramnya mencapai 106-256 miligram. Sementara jeroan daging babi memang kadar purin tertinggi yaitu 434 - 530 miligram per 100 gram jeroan.

2. Alkohol

Ada begitu jenis dan racikan alkohol di dunia. Setiap jenis alkohol mengandung purin yang cukup tinggi dengan kadar yang berbeda-beda pada setiap jenisnya.

Walaupun dianggap sebagai minuman untuk membuat tubuh lebih tenang tetapi belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi alkohol direkomendasikan ahli. Bahkan bir, dengan kadar alkohol yang rendah, memiliki kandungan purin sangat tinggi.

Berbagai penelitian dan pengamatan menunjukkan jika konsumen bir mengalami peningkatan kadar asam urat yang sangat cepat. Sehingga konsumsi alkohol dalam jenis apapun dan situasi apapun tidak disarankan.

Makanan tinggi purin ada di halaman selanjutnya.

Read Entire Article