Strategi Apik Satgas Damai Cartenz di Balik Bebasnya Pilot Susi Air

2 hours ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Keberhasilan pembebasan pilot Susi Air, Kapten Phiip Mark Mehrtens, tidak luput karena strategi apik dan kerja keras Satgas Operasi Damai Cartenz. Pembebasan Philip dilakukan melalui pendekatan soft approach.

Kapten Philip diketahui disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua pada Februari 2023. Kira-kira sudah 1 tahun 7 bulan Philip disandera oleh KKB.

Sejak itu juga Satgas Operasi Damai Cartenz mencari cara untuk membebaskan Philip. Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Dr Faizal Ramadhani mengatakan Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri" kata Faizal dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu (21/9/2024).

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut. Akhirnya membuahkan hasil, pada hari ini Sabtu (21/09/2024) Pilot Philip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024.

Philip Dijemput di Nduga

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 KBP Dr Bayu Suseno menjelaskan bahwa Pilot Philip berhasil dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan bertempat di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kab Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Ya benar sekali, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat. Pilot kami terbangkan dari Nduga langsung menuju Timika" jelas Bayu.

Selanjutnya, Pilot Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologis Pilot Philip dalam keadaan stabil. Setelah kegiatan mitigasi, rencananya akan digelar konferensi pers di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Mako Brimob Batalyon B/Timika.

Selanjutnya

Read Entire Article