Singapura Tarik Kue Varian Durian-Ubi Jalar dari Pasaran, Ada Apa?

5 days ago 10
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Badan Pangan Singapura atau Singapore Food Agency (SFA) menarik salah satu dessert impor asal Malaysia dari peredaran. Adalah mooncake atau kue bulan rasa ubi jalar dari Baker's Cottage karena adanya temuan E coli.

Produk tersebut diimpor dari jaringan toko roti di Malaysia. Dalam rilis media pada Jumat (13/9/2024), SFA mengatakan mendeteksi E coli pada tingkat melebihi batas maksimum yang ditetapkan dalam Peraturan Pangan Singapura, selama pengambilan sampel kue bulan berkala.

E coli adalah bakteri yang biasanya ditemukan di usus manusia dan hewan, dan dapat masuk saat terjadi kontaminasi silang selama proses produksi. Meskipun sebagian besar spesies bakteri tidak berbahaya, beberapa jenisnya dapat menyebabkan diare, sakit perut, kram, dan demam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kue bulan yang terkena dampak memiliki tanggal kedaluwarsa 31 Desember 2024.

Baker's Cottage memiliki sekitar 160 gerai di seluruh Malaysia. SFA telah mengarahkan importir mooncake yang terkena dampak, Ewayz, untuk menarik kembali produk tersebut, dan penarikan kembali masih berlangsung.

"Konsumen yang telah membeli kue bulan tersebut tidak boleh mengonsumsinya dan dapat menghubungi tempat pembelian untuk menanyakannya," kata SFA.

Mereka yang telah mengonsumsi kue bulan dan khawatir tentang kesehatan mereka harus mencari nasihat medis, imbuh lembaga tersebut.

Penarikan ini dilakukan sehari setelah SFA juga menarik semua batch kue bulan durian mini D24 dari Four Seasons Durians, setelah mendeteksi tingginya kadar bakteri yang terkait dengan keracunan makanan.


(naf/kna)

Read Entire Article