Sedang Flu? Ini 7 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi

1 week ago 7
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Di tengah kondisi cuaca yang tak menentu, banyak orang terserang flu. Untuk mengatasinya secara alami, coba kuatkan imun tubuh dengan mengonsumsi makanan terbaik berikut ini.

Virus flu bisa dicegah jika kondisi imunitas tubuh seseorang prima. Hal ini sangat dipengaruhi oleh konsumsi makanan dan minuman yang tepat.

Beberapa makanan dan minuman diketahui bernutrisi dan punya manfaat spesifik dalam menjaga imunitas tubuh. Mulai dari teh kaya khasiat hingga sup ayam yang menghangatkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Merangkum Livestrong (3/6/2024), inilah makanan terbaik dan terburuk untuk dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah flu:

1. Teh

Saat tubuh terinfeksi virus flu, penting bagi kamu untuk tetap terhidrasi. Selain air putih yang bagus untuk membantu setiap sistem tubuh berjalan optimal, teh hangat bisa jadi pilihan.

Secangkir teh hangat bersifat menenangkan sekaligus membantu hidrasi tubuh. Ahli gizi Lisa Moskovitz juga mengatakan minum teh hangat bantu menenangkan sistem pencernaan dan meredakan sakit tenggorokan.

Jenis tehnya bisa peppermint yang mengandung mentol dan meredakan sakit perut. Pilihan lainnya, teh hitam yang kaya akan flavonoid sehingga bantu melawan peradangan dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

2. Madu

Untuk dorongan ekstra imunitas tubuh, kamu bisa menambahkan madu ke dalam secangkir teh hangat. Madu bersifat antivirus dan antibakteri alami yang bantu pemulihan tubuh lebih cepat dari kondisi sakit.

Bonus lainnya, minum madu bisa meredakan batuk yang kerap menyertai flu. Hanya saja ingat untuk tidak menambahkan madu terlalu banyak karena madu tetap merupakan sumber gula dan kalori yang tidak bagus jika dikonsumsi berlebihan.

3. Bawang putih

Bawang putih obat batuk pilekFoto: Getty Images/Oat_Phawat

Bawang putih tak hanya dapat meningkatkan cita rasa makanan, tapi juga imunitas tubuh. Bumbu dapur ini bersifat antibakteri dan dapat melindungi tubuh dari patogen seperti bakteri penyebab infeksi.

Karenanya konsumsi bawang putih untuk mempercepat proses penyembuhan sangat disarankan. Jika tidak bisa makan bawang putih mentah, kamu bisa mengonsumsi ekstraknya untuk bantu atasi flu.

4. Jamur

Siapa sangka konsumsi jamur juga bermanfaat untuk membuat tubuh cepat sehat usai terkena flu. Jamur menjadi sumber vitamin, mineral, dan enzim yang bantu tubuh berfungsi dengan maksimal.

Moskovitz mengatakan, "Penelitian menunjukkan konsumsi jamur shiitake dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk perlindungan alami terhadap berbagai jenis infeksi." Hal ini juga diungkap dalam penelitian tahun 2015 di Journal of the American College of Nutrition.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article