Mukesh Ambani Beli Pesawat Boeing 737 MAX 9 Rp 1,8 Triliun!

20 hours ago 5
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Konglomerat India sekaligus orang terkaya di Asia, Mukesh Ambani membeli pesawat Boeing 737 MAX 9. Pembelian pesawat bisnis ini menjadikan Ambani sebagai orang India pertama yang memiliki Boeing 737 MAX 9.

Melansir dnaindia.com, pesawat tersebut baru-baru tiba di India setelah melakukan modifikasi ekstensif dan uji terbang pada tanggal 27 Agustus 2024.

Mukesh Ambani merupakan seorang pemilik Reliance Industries, perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, seperti petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, ritel, dan jasa keuangan. Dia terkenal dengan gaya hidup mewah, ditandai dengan kepemilikannya atas koleksi jet dan helikopter pribadi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, perusahaan Reliance Industries telah memiliki sembilan armada pesawat jet pribadi. Boeing 737 MAX 9 baru-baru ini tiba di India setelah melalui modifikasi ekstensif dan uji coba penerbangan.

Menurut laporan dari Cartoq, Boeing 737 MAX 9 milik Mukesh Ambani terbang ke Delhi setelah menjalani proses modifikasi kabin dan interior di EuroAirport Basel-Mulhouse-Freiburg (BSL) di Swiss.

Pesawat tersebut berada di Swiss sejak 13 April 2023 untuk menyelesaikan agenda penerbangan uji coba kelayakan. Sebelum tiba di India, pesawat ini juga menjalani enam penerbangan uji coba di bandara Basel, Jenewa, dan London Luton.

Boeing 737 MAX 9 menyelesaikan penerbangan terakhirnya dari Basel ke Delhi pada tanggal 27 Agustus 2024. Penerbangan ini memakan waktu lebih dari sembilan jam dan menempuh jarak 6.234 kilometer. Saat ini pesawat baru milik Ambani sedang diparkir di sebuah apron pemeliharaan di dekat terminal kargo Bandara Delhi.

Berbicara mengenai spesifikasinya, Boeing 737 MAX 9 merupakan salah satu pesawat jet termahal di dunia yang terdapat dua mesin CFMI LEAP-18. Pesawat ini memiliki nomor MSN 8401 dan mampu menempuh jarak 6.355 mil laut atau sekitar 11.770 kilometer dalam satu kali penerbangan.

Harga Boeing 737 MAX 9 sebesar $118,5 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun (kurs Rp 15.290) yang mana harga ini belum termasuk biaya untuk modiifikasi kabin dan interior. Selain itu, pesawat ini menyediakan kabin dan ruang kargo yang lebih besar jika dibandingkan dengan Boeing MAX 8.

(fdl/fdl)

Read Entire Article