Kata PAN soal Istana Ungkit Megawati Naik Jet Pribadi

3 hours ago 2
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

PAN berkomentar perihal pihak Istana Kepresidenan yang menyinggung Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang juga menggunakan jet pribadi, saat membahas polemik Ketum PSI Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono naik jet pribadi. PAN menilai penggunaan jet pribadi tergantung kebutuhan, dan karena Kaesang bukan pejabat publik maka tak ada yang dilanggar.

"Kan orang bepergian memiliki tujuan yang berbeda-beda, tergantung apa agendanya. Yang mesti dilakukan bahwa semua ada aturannya, terutama kepada pejabat negara atau pejabat publik," kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Kamis (19/9/2024).

Viva menegaskan bahwa jika seseorang bukan pejabat publik maka tidak ada masalah. Diketahui, Kaesang kini menjabat sebagai Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan merupakan anak Presiden Joko Widodo (Jokowi).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bagi yang bukan pejabat publik, atau seseorang yang bergerak di jalur swasta atau non-pemerintah, tentu tidak ada UU yang dilanggar," katanya.

PDIP Respons Istana

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menanggapi Kepala Presidential Communication Officer (PCO) Hasan Nasbi yang menyinggung Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga Mantan Menko Polhukam Mahfud Md kerap menggunakan jet pribadi. Said mengatakan jika yang dilakukan Megawati merupakan perjalanan kebangsaan.

"Kalau soal jet pribadi kan Kaesang sudah menjelaskan ke KPK," ujar Said di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2024).

"Respons istana bahwa Ibu Mega dan sebagainya, ya biasa saja. Itu kan lagi perjalanan kebangsaan, kita kan tidak substansial. Sahut-bersahutan itu yang tidak produktif untuk apa juga," sambungnya.

Sebelumnya, Hasan Nasbi memberikan pembelaan kepada Ketum PSI Kaesang Pangarep perihal dugaan gratifikasi jet pribadi. Hasan Nasbi menyinggung tokoh lain yang juga kerap menggunakan jet pribadi, dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga Mantan Menko Polhukam Mahfud Md.

"Yang disorotkan pertama kali soal gaya hidup yang konteks ini konteks private jet ini kan yang disorot soal gaya hidup kemudian dikaitkan dengan bahwa Mas Kaesang adalah anaknya Presiden. Saya ingin ngasih statement pertama bahwa Mas Kaesang ini bukan pejabat publik dan dia sudah dewasa, dia sudah punya hidup sendiri, sudah punya bisnis sendiri dan dia bukan pejabat publik, dalam tema yang sama kira-kira banyak pejabat publik yang juga menggunakan private jet, saya nggak tahu kapan terakhir, misalnya kapan terakhir misalnya Ibu Megawati menggunakan pesawat komersial," kata Hasan Nasbi dalam cuplikan video yang diunggah di akun Instagramnya, Rabu (18/9).

(azh/aud)

Read Entire Article