Ini Rute ke Candi Borobudur dari Jakarta dengan Beragam Moda Transportasi

6 days ago 7
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Long weekend tiba, berwisata ke kawasan Candi Borobudur bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Sebelum memutuskan ke sana, ada baiknya traveler cari tahu beberapa moda transportasinya.

Candi Borobudur terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi tersebut adalah candi Buddha terbesar di dunia.

Selain memiliki daya tarik wisata dari candi, kawasan Borobudur juga adalah daerah wisata yang berkembang. Berkunjung ke sana, traveler bisa mengeksplorasi berbagai wisata lainnya seperti berkunjung ke berbagai desa wisata, balai ekonomi desa (balkondes), ataupun wisata alam di sekitar kawasan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain destinasi, kawasan Borobudur juga dikenal memiliki beragam aktivitas wisata yang menarik. Seperti berkeliling menggunakan jeep terbuka, berkeliling dengan sepeda, membuat gerabah, hingga kulineran.

Banyaknya spot destinasi dan aktivitas menarik membuat kawasan Candi Borobudur selalu diminati pelancong khususnya saat momen liburan. Tertarik berkunjung ke Borobudur, ada beberapa moda transportasi yang dapat digunakan pelancong. Mulai dari bus, kereta, hingga pesawat. Simak rinciannya berikut ini:

1. Bus

Berkunjung ke Borobudur, traveler bisa menaiki moda transportasi bus. Jika dari Jakarta, traveler bisa menggunakan bus yang melewati jalur Pantura (Pantai Utara) maupun Pansela (Pantai Selatan).

Jika melewati jalur Pantura, rute biasanya melewati Temanggung ataupun Semarang. Lalu traveler bisa turun di Kota Magelang. Sementara jika melalui Pansela, traveler akan melewati Purwokerto kemudian Purworejo, lalu bisa turun di Kabupaten Magelang.

Jarak yang lebih dekat jika traveler turun di Kabupaten Magelang. Namun, banyak hotel tersedia di area Kota Magelang.

Durasi perjalanan dengan bus umumnya memakan waktu 10-12 jam. Sedangkan harganya variatif, dipantau dari salah satu Online Travel Agent, harga perjalanan mulai dari Rp 175 ribu hingga Rp 400 ribu.


2. Kereta

Sayangnya, Kota maupun Kabupaten Magelang tidak tersedia jalur kereta yang aktif. Sehingga jika berkunjung ke Borobudur dengan kereta api, traveler mesti turun di Purworejo ataupun Yogyakarta.

Jika turun di Purworejo, traveler bisa turun di Stasiun Kutoarjo. Sementara jika di Yogyakarta traveler bisa turun di Stasiun Lempuyangan maupun Stasiun Tugu.

Jika turun di Stasiun Kutoarjo, traveler bisa menaiki BRT Trans Jateng koridor 5 jurusan Kutoarjo-Borobudur. Bus tersebut beroperasi dari pukul 5.00 WIB hingga 18.00 WIB dengan biaya RP 2 ribu untuk pelajar dan Rp 4 ribu untuk umum. Untuk menaikinya, traveler bisa naik dari Terminal Tipe B Kutoarjo.

Sedangkan jika turun di Yogyakarta, traveler bisa menaiki shuttle Dari yang tersedia dari Malioboro ke kawasan Candi Borobudur dengan tarif sekitar Rp 33.600.


3. Pesawat

Jika ingin berkunjung ke Candi Borobudur dengan pesawat, traveler bisa turun di Yogyakarta International Airport (YIA). Dari sana, traveler dapat menaiki damri dengan tujuan Candi Borobudur yang tersedia setiap hari.

Mengutip website resmi Departemen Perhubungan, jadwal keberangkatan tersedia pukul 9.00 WIB, 11.00 WIB, 15.00 WIB, dan 16.00 WIB.


(wkn/wkn)

Read Entire Article