Cara Cek Lolos atau Tidak Lolos Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024

1 week ago 8
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Proses seleksi administrasi CPNS 2024 tengah berlangsung. Setelah pendaftaran administrasinya ditutup pada 10 September lalu, tahap selanjutnya adalah pengumuman hasil seleksi administrasinya yang akan dimulai pada 14 September 2024.

Hasil seleksi administrasi akan menampilkan apakah pelamar yang telah mendaftarkan diri dinyatakan telah memenuhi syarat alias lolos atau tidak memenuhi syarat atau gagal dalam proses seleksi administrasi. Lantas bagaimana cara mengetahuinya?

Cara Mengetahui Lolos atau Tidak Lolos

Dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS oleh BKN, hasil seleksi administrasi akan ditampilkan pada akun SSCASN masing-masing pelamar. Untuk itu, pelamar diharapkan memantau dengan cara login atau masuk ke akun SSCASN masing-masing.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka situs SSCASN https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Login akun SSCASN dengan NIK dan Password
  3. Cek hasil pengumuman pada "Resume Pendaftaran"
  4. Halaman akan menampilkan hasil seleksi administrasi.

Pengumuman hasil administrasi CPNS tersebut juga bisa dicek pada kanal-kanal informasi yang resmi dari masing-masing instansi yang dilamar. Informasi ini meliputi nama-nama pelamar yang dinyatakan lolos dan tidak lolos seleksi administrasi.

Cara Lihat Status Lolos atau Tidak Lolos

Untuk status lolos atau tidak lolosnya seleksi administrasi pada akun SSCASN dapat diketahui pada keterangan yang ditampilkan pada halaman Resume Pendaftaran. Berikut ini keterangan jika pelamar dinyatakan lolos dan tidak lolos:

Lolos atau Memenuhi Syarat (MS): "Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas" yang terdapat dibawah tombol Cetak Kartu Pendaftaran CASN.

Hasil Seleksi Administrasi CPNSContoh Lolos Hasil Seleksi Administrasi CPNS (Foto: Dok. Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS)

Gagal atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS): "Mohon Maaf. Anda tidak lulus tahap administrasi karena belum memenuhi persyaratan administrasi instansi yang dilamar" yang disertai dengan penyebab pelamar berstatus tidak memenuhi syarat (TMS).

Hasil Seleksi Administrasi CPNSContoh TMS Hasil Seleksi Administrasi CPNS (Foto: Dok. Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS)

Langkah Selanjutnya Setelah Cek Hasil

Bagi pelamar yang dinyatakan lolos atau memenuhi syarat seleksi administrasi, maka langkah selanjutnya adalah dapat mencetak Kartu Peserta Ujian CASN 2024. Namun apabila masa sanggah dan masa verifikasi sanggah belum berakhir maka akan terdapat Informasi "Saat ini pencetakan Kartu Peserta Ujian CASN Anda belum dapat dilakukan. Harap login kembali saat masa sanggah dan verifikasi sanggah berakhir untuk mencetak Kartu Peserta Ujian CASN 2024".

Bagi pelamar yang dinyatakan gagal atau tidak memenuhi syarat seleksi administrasi, maka berhak mengajukan sanggah dalam waktu 3 hari setelah pengumuman ini diumumkan. Sanggahan dilakukan untuk menyanggah hasil verifikasi instansi yang salah, dalam hal ini sanggahan diberlakukan jika kesalahan bukan dari kesalahan yang dilakukan pelamar.

(wia/imk)

Read Entire Article