Betapa Baik Pemerintah, Program Miles Penerbangan pun Diselidiki

1 week ago 9
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Program frequent flyer dan program hadiah kartu kredit dari maskapai penerbangan atau miles memang sangat menguntungkan, dan terkadang misterius. Itu kini menjadi sasaran penyelidikan perlindungan konsumen.

Mengutip CNN, Senin (9/9/2024), pemerintah federal akan menyelidikinya dan belum pernah terjadi sebelumnya.

Departemen Transportasi Amerika Serikat (AS) pada hari Kamis (5/9) telah meminta para eksekutif dari empat maskapai penerbangan besar di negara tersebut untuk membeberkan rincian dan data seputar kebijakan dan praktik-praktik yang dilakukan oleh para penumpang dalam mengumpulkan dan membelanjakan miles.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tujuan kami dengan penyelidikan ini adalah untuk memastikan bahwa reward pelanggan dilindungi dari praktik-praktik yang dapat mengurangi nilai, manfaat, atau ketersediaannya," demikian isi surat yang ditujukan kepada para CEO American Airlines, Delta Air Lines, Southwest Airlines, dan United Airlines.

Mereka memiliki waktu 90 hari untuk merespons Departemen Perhubungan (DOT). Penyelidikan DOT difokuskan pada bagaimana konsumen dapat terpengaruh oleh devaluasi reward yang telah didapatkan, biaya tambahan, harga yang tersembunyi atau dinamis, serta berkurangnya persaingan dan pilihan.

"Departemen ini bertujuan untuk melindungi pelanggan dari potensi praktik-praktik yang tidak adil, menipu, atau anti-persaingan," katanya dalam sebuah rilis berita.

"Miles maskapai penerbangan telah menjadi bagian penting dalam perekonomian kita sehingga banyak orang Amerika memandang saldo poin reward mereka sebagai bagian dari tabungan mereka," kata Menteri Transportasi Pete Buttigieg.

Kelompok industri Airlines for America mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa konsumen memiliki kekuatan untuk memilih saat memilih maskapai penerbangan untuk perjalanan mereka.

Dan, maskapai penerbangan menawarkan program loyalitas sebagai cara untuk memberi penghargaan kepada para pelanggan untuk bisnis yang menguntungkan dan kesetiaan terhadap merek di tengah persaingan yang sangat ketat.

"Jutaan orang senang menjadi bagian dari berbagai program loyalitas, yang memungkinkan mereka untuk mengumpulkan hadiah yang dapat digunakan untuk melakukan perjalanan atau manfaat lainnya," kata Airlines for America.

"Maskapai penerbangan AS transparan mengenai program-program ini, dan para pembuat kebijakan harus memastikan bahwa konsumen dapat terus mendapatkan manfaat penting ini," imbuh mereka.


(msl/fem)

Read Entire Article