Astra Infra Operasikan 396 Km Tol, Ini Daftarnya

22 hours ago 2
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

PT Astra Tol Nusantara atau Astra Infra telah mengoperasikan tol sepanjang 396 kilometer (km). Total ada 8 tol kelolaan Astra Infra yang tersebar di Indonesia.

VP of Operational Policy & Government Relations Astra Infra, Novianto Dwi Wibowo mengatakan, Astra Infra melalui Astra Toll Nusantara berfokus pada bisnis di bidang pengusahaan tol. Ada 8 portofolio tol yang dimiliki Astra Infra.

"Secara total, kalau misalnya secara panjang jalan tol kita memiliki 396 km," kata Novianto dalam kegiatan Astra Media Day 2024 di Menara Astra, Jakarta Pusat, Kamis (19/9/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rinciannya, dar bagian barat ada Tol Tangerang-Merak di bawah kelolaan anak usaha Astra Infra Toll Road Tangerang Merak. Kemudian, Tol Kunciran-Serpong kelolaan konsorsium PT Marga Trans Nusantara, yang masuk ke dalam Jaringan Outer Ring Road (JORR) II. Ketiga, lanjut Novianto, ada Tol Kebon Jeruk-Ulujami kelolaan PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) yang masuk ke JORR I.

"Kemudian bergerak sedikit ke timur ke arah Jawa Barat, kita mempunyai tol Cikopo-Palimanan. Nah kemudian bergerak lagi ke Jawa Tengah, itu kita ada portfolio disitu Tol Semarang-Solo," ujarnya.

Di Jawa Timur ada Tol Jombang-Mojokerto. Dilanjutkan dengan Tol Surabaya-Mojokerto, serta terakhir ada Tol Pandaan-Malang.

"Ini ada portfolio kami yang majority memang ada tiga tadi ya, yang selain itu kami mempunyai kerja sama atau joint venture (membentuk perusahaan patungan) dengan Jasa Marga," kata dia.

Di samping itu, Astra Infra juga punya bisnis pengelolaan tol melalui ASTRA Infra Solutions, dengan kompetensinya melakukan operasional dan pemeliharaan tol.

"Kami ada kerja sama dengan Bu Nila (Presdir PT Menara Astra) di Resta. Ini adalah unit bisnis yang mempunyai fokus mengelola rest area. Salah satunya mungkin semoga bapak/ibu dan teman-teman semua sudah sering mampir ke Resta 456, yang terletak di Tol Semarang-Solo," ujar Novianto.

(shc/ara)

Read Entire Article