3 Nama Pj Gubernur DKI Usulan DPRD: Teguh Setyabudi, Tomsi Tohir, Akmal Malik

1 week ago 6
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

DPRD DKI Jakarta melanjutkan rapat pembahasan dan penetapan usulan nama calon Pj Gubernur Jakarta, hari ini. Dari usulan fraksi-fraksi DPRD, nama Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi mendapat usulan paling banyak dari fraksi.

Rapat pembahasan itu dilaksanakan di Ruang Serbaguna DPRD DKI Jakarta pada Jumat (13/9/2024). Rapat dipimpin oleh pimpinan sementara DPRD DKI Jakarta, yaitu anggota Fraksi PKS Achmad Yani dan anggota Fraksi PDI Perjuangan Jhonny Simanjuntak, dan dihadiri 11 perwakilan dari fraksi DPRD partai politik.

Diketahui, Teguh Setyabudi saat ini menjabat sebagai Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Sebanyak delapan fraksi mengusulkan Teguh, di antaranya yaitu PKS, Gerindra, Golkar, PKB-PPP, PAN, Demokrat-Perindo, PSI dan Nasdem.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nama selanjutnya yang paling banyak diusulkan ialah Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik. Ia diusulkan oleh PKS, Gerindra, Golkar, PKB-PPP, PAN, Demokrat-Perindo, dan PSI.

Terakhir, ada nama Plt Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir. Ia diusulkan oleh Gerindra, Golkar, PKB-PPP, PAN, Demokrat-Perindo, PSI dan NasDem.

Berikut daftar lengkap nama yang diusulkan seluruh fraksi di DPRD Jakarta:

PKS:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjen Purn Rudi Sufahriyadi
3. Dr. Akmal Malik

PDIP:
1. Drs. Heru Budi Hartono
2. Joko Agus Setiyono
3. Dr. Marullah Matali

Gerindra:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Tomsi Tohir
3. Akmal Malik

Golkar:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjen Tomsi Tohir
3. Prof. Akmal Malik

PKB-PPP:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjen Pol Tomsi Tohir
3. Akmal Malik

PAN:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjenpol Tomsi Tohir
3. Akmal Malik

Demokrat dan Perindo:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjenpol Tomsi Tohir
3. Akmal Malik

PSI:
1. Komjenpol Tomsi Tohir
2. Teguh Setyabudi
3. Akmal Malik

NasDem:
1. Joko Agus Setyono
2. Teguh Setyabudi
3. Tomsi Tohir

"Maka 3 nama itu akan kami ajukan ke Kemendagri untuk menjadi pertimbangan dalam memilih Pj Gubernur selanjutnya," kata Ahmad Yani dalam rapat.

Masa jabatan Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada 17 Oktober 2024. Nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta akan diajukan kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

(bel/taa)

Read Entire Article